Selasa, 19 Juli 2011

Pengalaman mengensankan dengan shinkansen



Kalau sudah cerita tentang jepang maka yang pertama terbayang adalah matahari terbit,gunung fuji,shushi dan shinkanzen.Nah…kalau sudah di jepang belum sempat menikmati yang 4 serasa ada yang kurang.
Alhamdulillah kesampaian juga naik shinkansen…Sudah hampir 3 th tinggal di jepang memang baru kali ini mensempatkan waktu mencoba kereta tercepat didunia,bisa dirasakan jauh perbedaan kecepatan dan kenyamanan saat memutuskan perjalanan dengan kereta listrik biasa ( densha ) atau menggunakan shinkansen,sebagai bahan perbandingan perjalanan dari shin osaka menuju nagoya dengan jarak tempuh sekitar 186 km bisa dicapai dalam waktu 50 menit dengan shinkansen bandingkan dengan naik densha yang bisa mencapai waktu 3 jam itupun harus ganti2 kereta ( norikaemasu).Untuk tiket shin osaka-nagoya dengan shinkansen sekitar 5000 yen ( 500 ribu rupiah bila nilai tukar rupiah 100rp/1yen) sementara dengan densha sekitar 3200 yen ( 320 ribu rupiah ).
Kenangan pertama naik shinkansen sedikit mengecewakan,perjalanan dari kyoto menuju nagoya memang sengaja menggunakan nozomi non reserved,untuk tempat duduk non reserved sedikit lebih murah sekitar 600 yen dari jenis reserved.Saya dengan seorang sahabat yang sedianya menuju nagoya dalam rangka menghadiri tabligh Akbar memilih shinkansen karena waktu yang terbatas.Dari 16 gerbong yang ada gerbong 1 sampai 13 adalah reserved sementara cuma 3 gerbong yang non reserved,dan keinginan untuk merasakan kenyamanan shinkansen  harus kami urungkan kali ini karena ternyata gerbong non reserved kursi yg ada  telah terisi penuh dengan penumpang….terpaksa harus berdiri di antara gerbong satu dan gerbong lain didekat toilet…yah mau gmn lagi
Setelah naik shinkansen baru bisa mengerti kenapa orang jepang lebih memilih shinkansen daripada pesawat untuk perjalanan  antar kota,selain tiket dan waktu perjalanan yg tidak begitu beda jauh ternyata segi praktis dan kemudahan naik shinkansen yang lebih di utamakan,sebagai contoh untu naik shinkansen cukup membeli tiket di mesin penjual tiket otomatis dan hanya butuh waktu sekitar kurang dari 5 menit,bandingkan dengan kalau harus naik pesawat.
img_5679ket: shinkansen jenis n700
img_5705
ket: di dalam shinkansen
img_5674Tapi jangan heran kalau orang jepang merasa aneh bila melihat orang berfoto dengan shinkansen,….:D.(katrok ini orang…mungkin dalam pikiran mereka )…hhh.Untuk orang yang baru pertama naik seperti saya ya,…..mau gak mau harus didokumentasikan.:D
Jepang terkenal sangat maju di bidang teknologi dan transportasi.Sistem transportasi Jepang sangat berkembang, Dilihat dari teknologi dan tingkat kecelakaan lalu lintas yang rendah serta dengan jaringan jalan dan rel kereta-api mencakup hampir setiap bagian wilayah Jepang, juga layanan angkutan udara dan laut yang luas.Salah satu teknilogi transportasi di jepang adalah shinkansen
shinkanzen (juga sering dipanggil kereta peluru) adalah jalur kereta cepat yang dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup japan Air ways.Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di jepang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam. Shinkansen dibuka pada tahun 1964 untuk menyambut olimpiade tokyo .
Shinkansen, atau disebut sebagai kereta-listrik super-cepat, adalah kereta-listrik ekspres yang berjalan dengan kecepatan maksimal 250 hingga 300 km per jam. Jaringan Shinkansen mempunyai lima rute yang menyebar dari Tokyo dan Osaka. Selama ini belum pernah terjadi kecelakaan operasional yang fatal sehingga Shinkansen dianggap merupakan sistem kereta-api berkecepatan tinggi yang paling aman di dunia.
Teknologi serupa kini diterapkan di Cina…indonesia kapan ya??
img_5695
Pengalaman yang menyenangkan dengan shinkansen,kemudahan kecepatan kenyamanan dan kebanggaan

shinkansen


Kalau sudah cerita tentang jepang maka yang pertama terbayang adalah matahari terbit,gunung fuji,shushi dan shinkanzen.Nah…kalau sudah di jepang belum sempat menikmati yang 4 serasa ada yang kurang.
Jepang terkenal sangat maju di bidang teknologi dan transportasi.Sistem transportasi Jepang sangat berkembang, Dilihat dari teknologi dan tingkat kecelakaan lalu lintas yang rendah serta dengan jaringan jalan dan rel kereta-api mencakup hampir setiap bagian wilayah Jepang, juga layanan angkutan udara dan laut yang luas.Salah satu teknilogi transportasi di jepang adalah shinkansen
shinkanzen (juga sering dipanggil kereta peluru) adalah jalur kereta cepat yang dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup japan Air ways.Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di jepang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam. Shinkansen dibuka pada tahun 1964 untuk menyambut olimpiade tokyo .
Shinkansen, atau disebut sebagai kereta-listrik super-cepat, adalah kereta-listrik ekspres yang berjalan dengan kecepatan maksimal 250 hingga 300 km per jam. Jaringan Shinkansen mempunyai lima rute yang menyebar dari Tokyo dan Osaka. Selama ini belum pernah terjadi kecelakaan operasional yang fatal sehingga Shinkansen dianggap merupakan sistem kereta-api berkecepatan tinggi yang paling aman di dunia.


Teknologi serupa kini diterapkan di Cina…indonesia kapan ya??
Categories: jepang

Tokyo Tower

Dingin tak henti menyapa tokyo di kegelapan malam,bukan hanya suhu udara yang hampir mencapai titik terendah yang mengusikku tapi capek dan kantuk yang teramat sangat karena perjalanan panjang osaka-nagano-tokyo sangat menguras tenaga.
Tekat bulat dan Semangatlah yang mengantarku tiba di Tokyo tower,dan kebetulan malam ini adalah pergantian tahun 2009 dan menyambut tahun baru 2010.Ramai malam ini,mungkin mirip pasar tradisional di kampungku,bukan hanya orang jepang ternyata saudara2 saya dari indonesiapun cukup banyak disini
Dan subhanallah pilihanku tidak salah,perasaan capek dan kantuk berubah menjadi perasaan kagum akan kemegahan Tokyo Tower
keterangan:Tokyo tower di malam hari
Tinggi keseluruhan 332,6 m,dibangun pada Th 1958 dan merupakan bangunan menara baja tertinggi di dunia yang tegak sendiri di permukaan tanah. Berdasarkan peraturan keselamatan menara ini dicat dengan warna orange internasional dengan warna putih di beberapa tempat. Bangunan sekelilingnya lebih rendah, sehingga Menara Tokyo bisa dilihat dari berbagai lokasi di pusat kota.
Menara Tokyo terkenal sebagai simbol kota Tokyo dan objek wisata daripada fungsinya sebagai menara antena pemancar TV analog , TV lokal digital, dan radio . Selain itu, perusahaan KA menggunakan menara ini untuk meletakkan antena radio sistem darurat kereta api, dan sejumlah instrumen pengukuran dipasang oleh Kantor Lingkungan Hidup Metropolitan Tokyo.
Pada ketinggian 120 m hingga 125 m terdapat dua lantai observasi, dan lantai observasi khusus pada ketinggian 223 m. Dari lantai observasi, pengunjung dapat melihat pemandangan seluruh penjuru kota Tokyo, dan bila cuaca cerah.Dengan ticket sekitar 860 yen pengunjung bisa menikmati kota tokyo dari Tokyo tower
Keterangan:Kota Tokyo dari atas Tokyo Tower
Lampu yang menerangi menara dinyalakan sejak matahari terbenam hingga pukul 24:00 malam. Warna lampu penerangan disesuaikan menurut musim. Lampu berwarna oranye dinyalakan di musim semi, musim gugur, dan musim dingin, sedangkan di musim panas dinyalakan lampu berwarna putih agar terkesan sejuk. Warna lampu kadang-kadang disesuaikan dengan tema tertentu.
Keterangan:Antrian di tempat penjualan karcis
Categories: cerita, jalan-jalanku, jepang

jalan tol di jepang


Jepang bukan hanya terkenal dengan kecerdasan dan kedisiplinan mereka dalam waktu dan bekerja. Struktur pembangunan jalan-jalan kotanya pun sangatlah tersusun rapi. Bisa dibayangkan betapa hebatnya orang Jepang dalam membuat jalan tol seperti di bawah ini:

Kira-kira berapa tahun lagi ya di Indonesia bisa begini?
http://www.ziddu.com/download/15743309/jalan-tol-di-jepang_1.jpg.html

0 comments:

Posting Komentar

VISITOR

Blogger news

Blogger templates

Followers